Senayan

  • Home
  • Information
  • News
  • Help
  • Librarian
  • Member Area
  • Select Language :
    Arabic Bengali Brazilian Portuguese English Espanol German Indonesian Japanese Malay Persian Russian Thai Turkish Urdu

Search by :

ALL Author Subject ISBN/ISSN Advanced Search

Last search:

{{tmpObj[k].text}}
Image of Menjadi guru unggul : bagaimana menciptakan pembelajaran yang produktif dan profesional
Bookmark Share

Text

Menjadi guru unggul : bagaimana menciptakan pembelajaran yang produktif dan profesional


Pendidikan merupakan faktor penentu maju tidaknya suatu bangsa. Pendidikan yang berkualitas tidak lepas dari peran serta guru sebagi pemegang kunci keberhasilan sebuah pendidikan. Guru adalah fasilitator yang melayani, membimbing, membina para siswa hingga mencapai keberhasilannya. Menjadi guru tidaklah mudah. Ada banyak hal yang harus dipenuhi oleh seorang guru agar menjadi unggul dalam profesinya dan dapat mencetak pribadi yang berkualitas dan berakhlak karimah. Guru harus dapat menjawab tantangan serta peluang pembelajaran, menyusun strategi pembelajaran yang unggul dan professional, dan melibatkan peran masyarakat dalam pembelajaran. Dalam Islam, terdapat beberapa istilah yang digunakan sebagai pendekatan pembelajaran yang sesuai dengan fitrah manusia. Istilah-istilah tersebut diantaranya adalah tilawah, ta’lim, tarbiyah, ta’dib, tazkiyah, dan tadlrib. Tilawah berkaitan dengan kemampuan membaca, ta’lim terkait dengan pengembangan kecerdasan intelektual, tarbiyah menyangkut kepedulian dan kasih sayang secara pribadi, ta’dib terkait dengan pengembangan kecerdasan emosional, tazkiyah berkaitan dengan pengembangan kecerdasan spiritual, dan tadlrib terkait dengan kecerdasan fisik atau keterampilan. Seorang guru professional hendaknya memenuhi dua kategori, yaitu capability dan loyalty. capability yakni guru harus mempunyai kemampuan teoritik tentang mengajar yang baik, dari mulai perencanaan, implementasi sampai evaluasi. Loyalty maksudnya adalah guru loyal terhadap tugas-tugas keguruan yang tidak semata di kelas, tapi sebelum dan sesudah di kelas.


Availability
#
My Library 371.1 AHM m C.1
LIB0313
Available
Detail Information
Series Title
-
Call Number
371.1 AHM m C.1
Publisher
: .,
Collation
172 halaman : ilustrasi : 21 cm
Language
English
ISBN/ISSN
979-25-4540-9
Classification
371.1
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
Cetakan II
Subject(s)
-
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility
Ahmad Barizi; editor, Muhammad Idris dan Meita Sandra
Other version/related

No other version available

File Attachment
No Data
Comments

You must be logged in to post a comment

Senayan
  • Information
  • Services
  • Librarian
  • Member Area

About Us

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Search

start it by typing one or more keywords for title, author or subject

Keep SLiMS Alive Want to Contribute?

© 2025 — Senayan Developer Community

Powered by SLiMS
Select the topic you are interested in
  • Computer Science, Information & General Works
  • Philosophy & Psychology
  • Religion
  • Social Sciences
  • Language
  • Pure Science
  • Applied Sciences
  • Art & Recreation
  • Literature
  • History & Geography
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Advanced Search
Where do you want to share?